RPP Pramuka Materi PBB


RENCANA PERANGKAT PEMBELAJARAN
PERATURAN BARIS BERBARIS

Disusun untuk Memenuhi Tugas Diklat Pramuka


Disusun oleh:
1.      Nanda Olga Elita               4101415051
2.      Anggraeny Novita P. P.      4101415129




FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2018



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMP/ MTS
Mata Pelajaran            : Kepramukaan (penggalang)
Kelas / Semester          : VII dan VIII / 1
Pertemuan ke              : 2
Alokasi Waktu            : 2 x 60 menit
Standar Kompetensi   : Mengenal peraturan baris-berbaris (PBB)

A.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar       : Mengenal dan menerapkan kedisiplinan dalam PBB
Indikator                     :
1.         siswa mengetahui pentingnya PBB dalam gerakan pramuka.
2.         siswa tahu dan paham dengan macam-macam aba-aba yang ada dalam gerakan pramuka.
3.         siswa selain mengenal aba-aba siswa juga tahu bentuk-bentuk barisan dan siswa dapat mempraktikannya.
B.        Tujuan Pembelajaran
1.         Pembina menjelaskan pentingnya PBB dalam pramuka
2.         Pembina memperkenalkan aba-aba dalam PBB
3.         Pembina mengajarkan bentuk-brntuk barisan dan pelaksanaanya
C.        Materi Ajar
PERATURAN BARIS BERBARIS (P.B.B) 
Peraturan Baris Berbaris yang digunakan di lingkungan Pramuka ada dua macam yakni Baris berbaris menggunakan tongkat dan tanpa tongkat. Untuk baris berbaris menggunakan tongkat memiliki tata cara tersendiri di lingkungan Pramuka. Adapun baris berbaris tanpa menggunakan tongkat mengikuti tata cara yang telah diatur dalam Peraturan Baris Berbaris milik TNI/POLRI .






Gerakan berjalan dengan panjang tempo dan macam langkah

Macam langkah
Panjangnya
Tempo
1.    Langkah biasa
65cm
120 tiap menit
2.    Langkah tegap
65cm
120 tiap menit
3.    Langkah perlahan
40cm
30 tiap menit
4.    Langkah kesamping
40cm
70 tiap menit
5.    Langkah ke belakang
40cm
70 tiap menit
6.    Langkah ke depan
60cm
70 tiap menit
7.    Langkah di waktu lari
80cm


Beberapa Contoh Bentuk-Bentuk Barisan
1)   Berderet




1.      Berdiri tegap
2.      Kedua lengan tangan di samping badan
3.      Kedua kaki rapat
4.      Pandangan lurus ke depan
5.      Rentangkan atau bentangkan kedua lengan tangan di samping badan setinggi bahu

2)    Lingkaran Besar




1.      Berdiri tegap
2.      Kedua lengan tangan di samping badan
3.      Kedua kaki rapat
4.      Pandangan lurus ke depan
5.      Gerakan kedua lengan tangan ke atas, jari-jari lengan tangan di atas kepala atau membentuk lingkaran dengan kedua lengan tangan.

3)      Lingkaran Kecil




1.      Berdiri tegap
2.      Kedua lengan tangan di samping badan
3.      Kedua kaki rapat
4.      Pandangan lurus ke depan
5.      Kedua ujung jari telunjuk dan ibu jari dipertemukan di atas kepala.

4)         Setengah Lingkaran



1.       Berdiri tegap
2.       Kedua lengan tangan di samping badan
3.       Kedua kaki rapat
4.       Pandangan lurus ke depan
5.       Kedua lengan digerakkan di samping badan ke depan (dimuka badan).

5)         Angkare




1.       Berdiri tegap
2.       Kedua lengan tangan di samping badan
3.       Kedua kaki rapat
4.       Pandangan lurus ke depan
5.       Kedua telapak tangan mengepal dan ditegakkan ke atas sebatas siku.

6)         Perlombaan




1.         Berdiri tegap
2.         Kedua lengan tangan di samping badan
3.         Kedua kaki rapat
4.         Pandangan lurus ke depan
5.         Kedua tangan mengepal lurus ke depan.

7)         Barisan Berbanjar





1.         Berdiri tegap
2.         Kedua lengan tangan di samping badan
3.         Kedua kaki rapat
4.         Pandangan lurus ke depan
5.         Tangan kanan mengepal kedepan, tangan kiri ditegakkan ke atas setinggi siku menunjukkan banjar yang ditentukan.

8)         Barisan Bersaf





1.       Berdiri tegap
2.       Kedua lengan tangan di samping badan
3.       Kedua kaki rapat
4.       Pandangan lurus ke depan
5.       Tangan kanan mengepal ke samping (setinggi bahu), tangan kiri ditegakkan ke atas setinggi siku menunjukkan bilangan deret yang ditentukan.



D.        Metode Pembelajaran
Ceramah dan Praktik
E.         Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.         Kegiatan awal (waktu : 45 menit)
a)        Upacara pembukaan
b)        Pembina mengawali dengan Salam dan doa sebelum materi
c)         Menjelaskan tentang pentingnya PBB dalam gerakan pramuka
d)        Menjelaskan macam-macam aba-aba yang ada dalam gerakan pramuka
e)        Mengenal aba-aba siswa juga tahu bentuk-bentuk barisan dan siswa dapat mempraktikannya
2.         Kegiatan inti (waktu : 45 menit)
a)        Pratik PBB
3.         Istirahat ( waktu : 15 menit )
4.         Melanjutkan praktek PBB ( waktu : 30 menit )
5.         Kegiatan akhir (waktu : 15 menit).
Upacara penutupan
F.         Sumber Belajar
Buku materi bina satuan 2011



                                                                                                Semarang,     Mei 2018
Mengetahui,
Kepala sekolah




(................................)
Pemb. Pembina Pramuka




(.....................................)


Comments

  1. Sangat bermanfaat kak
    Jangan lupa mampir ya
    Https://pramukamuda2.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SOAL HOTS PENERAPAN INDUKSI MATEMATIKA PADA KETAKSAMAAN